Minggu, 15 Agustus 2010

hasil kejurnas 2010

Malang - Provinsi Jawa Tengah meraih juara umum pada Kejuaraan Nasional Taekwondo 2010 yang berakhir Sabtu di GOR Ken Arok, Kota Malang, Jawa Timur.

Kontingen Jateng berhasil meraih juara umum nomor "kyorugi" (pertarungan) junior dengan memperoleh sembilan emas, dua perak, dan lima perunggu, disusul nomor "kyorugi" senior yang diperoleh Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan memperoleh tiga emas, satu perak, serta satu perunggu.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih juara umum di nomor "Poomsae" (keindahan/kata) dengan dua emas dan dua perak.

Usai event tersebut, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Taekwondo Indonesia, Wahyu Hagono, mengatakan Kejurnas Taekwondo yang berakhir Sabtu ini masih dikuasi sejumlah pemain Pelatnas, seperi atlet Jateng, Ikhsan Syaiful Muluk.

Meski demikian, kata dia, kontingen luar Pulau Jawa juga mampu berbicara dalam kejurnas kali ini. "Hal ini membuktikan kekuatan atlet Taekwondo di Indoneisa cukup merata," katanya.

"Kejurnas Taekwondo yang berakhir hari ini berjalan lancar, dan menampilkan juara umum dari luar Jawa, yakni Kaltim yang memperoleh juara umum nomor "kyorugi" senior dengan membawa tigas emas. Ini artinya, kekuatan Taekwondo di Indonesia merata," katanya menegaskan.

Ia menjelaskan Kejurnas Taekwondo di Kota Malang ini sekaligus menjadi ajang penjaringan atlet terbaik, dan dinilai sebagai kejuaraan terlengkap dan bagus, sebab mempertandingan sekaligus nomor yunior dan senior, kyorugi, dan poomsae.

"Kalau dulu lebih banyak atlet dari Jawa yang bicara mulai dari DKI Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, kali ini telah meluas, seperti Kaltim, Riau, dan Papua," katanya.

Ia mengatakan ajang Kejurnas Taekwondo ini melibatkan pemandu bakat (talent scouting) yang kesemuanya mantan atlet, antara lain Lamting, Budi Setyawan, Fadli Forum Rizon, dan Yoseph Bungan.

Kejurnas yang dimulai Rabu (4/8) hingga Sabtu (7/8) itu, kata dia, diikuti 575 atlet dari 33 daerah yang terdiri atas yunior putra 158, yunior putri 143, senior putra 168, dan senior putri 106 atlet.

Berikut data juara pada Kejurnas Taekwondo 2010 yang berlangsung di Kota Malang: Juara Umum Kyorugi Tingkat Junior, Jateng (9 emas, 2 perak, dan 5 perunggu), Jabar (4 emas, 3 perak, dan 5 perunggu), DKI (2 emas, 1 perak, 2 perunggu); Juara Umum Kyorugi tingkat Senior, Kaltim (3 emas, 1 perak, 1 perunggu), DKI Jakarta (3 emas dan 4 perunggu), dan Jawa Barat (2 emas, 4perak, 2perunggu).

Sementara kategori berpasangan, juara I diraih M. Fazza dan Laras (Jabar), juara II diraih Adrian Setiaji dan Doma (Jateng), serta Juara III diraih Stephanie dan Virginia (Sumsel).