Informasi

Informasi
Untuk informasi Pendaftaran, Program, biaya, dll, klik pada gambar

Minggu, 15 Agustus 2010

Kolesterol (lemak darah)

Kolesterol seakan menjadi momok bagi banyak orang.Kolesterol merupakan zat berwarna putih seperti lililn yg dapat ditemukan disetiap sel tubuh.Kolesterol yg diproduksi dihati,fungsinya untuk mencernakan lemak,membangun dinding sel,memperkuat membran sel,dan membuat hormon2 tertentu.

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon dan vitamin D,serta merupakan bagian asam empedu yg memecah lemakcdalam sistem pencernaan.kebutuhan kolesterol telah dicukupi oleh hati.namun,jika mengkonsumsi makanan lemak jenuh berkadar tinggi,maka hatiakan memproduksi kolesterol lebih banyak lagi,sehingga pasokannya menjadi berlebihan.kolesterol yg berlebihan dan tidak digunakan akan berkeliaran didalam darah.

Kadar kolesterol yg berlebihan didalam darah merupakan penyebab utama penyakit jantung dan pembuluh darah.kolesterol membentuk bekuan dan plak yg menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung ( menyebabkan serangan jantung ) dan ke otak ( menyebabkan stroke ).

Kadar kolesterol dibagi menjadi 2 bagian :
1.Kolesterol HDL ( High Density Lipoprotein ),yg merupakan " Kolesterol baik " karena kemampuannya untuk membersihkan pembuluh darah arteri.
2.Kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein ) atau " Kolesterol jahat " yg membuat endapan dan menyumbat arteri.HDL merupakan lemak yg dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh.

Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg.maka,penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal.main tinggi kadar kolesterol HDL,makin rendah resiko untuk terkena serangan jantung atau stroke.kadar kolesterol LDL yg baik adalah lebih rendah dari 130.dan semakin rendah semakin baik.

Sebagian besar tidak ada tanda maupun gejala pada penderita kolesterol berkadar tinggi,kecuali setelah pemeriksaan darah dilaboratorium.Yang jelas,kadar kolesterol yg tinggi menyebabkan aliran darah menjadi kental,sehingga oksigen menjadi kurang.adapun gejala yg timbul adalah sakit kepala dan pegal2.

Penyebab utama kolesterol adalah jenis makanan atau kualitas makanan yg anda konsumsi sehari hari yg kaya kandungan lemak jenuh,lemak hewani,dan kolesterol tinggi.antara lain gorengan,minyak kelapa/kelapa sawit,alpukat,durian,daging berlemak,jeroan,kacang tanah dan sejenisnya.selain itu kolesterol jg disebabkan karena kegemukan dan faktor keturunan.

Berikut ini beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol :
1.Berolahraga secara teratur
2.Menjaga berat badan agar tetap sehat dan proporsional
3.mengurangi jumlah minuman beralkohol,karbohidrat dan lemak jenuh dalam makanan
4.Banyak mengkonsumsi buah buahan,sayur sayuran,roti gandum,sereal,dan buncis.
5.Hanya mengkonsumsi susu skim,keju,krim asam,dan yogurt yg rendah lemak.
6.Menghindari makanan yg banyak mengandung lemak dan kaya akan kolesterol.misalnya kentang goreng dan makanan cepat saji lainnya,tortila,sosis,kue2 kering lainnya
7.Hindari makanan yg digoreng
8.Menghindari lemak jenuh yg terdapat didalam dagimg atau produk hewan lainnya.lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah,meskipun makanan yg mengandung lemak jenuh diberi label bebas kolesterol.
9.Konsumsi Teh Hijau secara teratur,dapat menurukan kadar kolesterol


wuihh mau hidup sehat banyak sekali pantangan makanan dan minumannya ya...hehehehe...
yang terpenting Makan secukupnya dan sesuai kebutuhan dengan tubuh kita,maka lakukan pengaturan makanan dan aktivitas tubuh agar dapat menghasilkan kolesterol yg diperlukan oleh organ hati.tidak berlebihan dan tidak kekurangan.Dan gaya hidup kita jg sangat menentukan kesehatan kita.

Berinvestasi untuk kesehatan kita sendiri dan keluarga kita baiknya dimulai dari sekarang,dari saat ini.bukankah hidup sehat itu indah,banyak hal yg dapat kita perbuat untuk kita,keluarga,orang sekitar kita,dan lingkungan kita.

Semoga sedikit info ini berguna bagi kita semua.Salam sehat

Afrizal Elnaz